Pendakian Gunung Lawu Part 2

SUARITOTO Sebenarnya Ryan ingin membeli buah yang ditawarkan sebagai bekal untuk naik ke puncak Gunung Lawu. Namun Karena uang yang dia bawa ditaruh di warung kopi, Ryan batal dan menolak membeli buah yang ditawarkan nenek itu padannya.

Nenek penjual itu tersenyum. Dan sebelum pergi nenek itu mengatakan sesuatu pada Ryan. "Awakmu bakal jemput salak Iki" dan kemudian nenek itu menghilang.

Ryan tidak begitu memperdulikan ucapan nenek tersebut. Karena dia menganggap nenek itu pedagang yang biasa berjualan di stasiun Solo Jebres. Ryanpun kembali ke warung dimana mereka menunggu mobil carteran. 

Akhirnya mobil carteran pun tiba. Mereka bertiga naik dan berangkat menuju ke pintu pendakian puncak Gunung Lawu melalui jalur Candi Cetho. Gunung Lawu, selain memiliki tiga punyak, yaitu Hargodalem, Hargo Dumiling dan puncak tertinggi yaitu Hargo Dumilah, juga memiliki lima pos pendakian ke puncak Gunung Lawu.

Kelima pos pendakian ke puncak Gunung Lawu itu adalah, Cemorokandang, Cemorosewu, Candi Cetho, Jogorogo dan Singolangu. Singkat cerita, mereka pun tiba di pos pendakian Candi Cetho sekira pukul 9.00 WIB.

Setibanya di Candi Cetho, mereka tidak langsung naik ke puncak. Ketiganya sepakat tidur terlebih dahulu di posko pendakian. Baru sekira pukul 14.00 mereka pun berangkat naik ke puncak Gunung Lawu.

Perjalanan ketigannya dimulai dari Candi Cetho, Candi Kethek, pos 1, Pos 2, dan sampailah mereka di pos 3 berjalan lancar tanpa hambatan. Di pos 3, mereka bertemu dengan pendaki lain yang tengah bermalam. Sambil menyeduh kopi yang airnya diambil dari sebuah paralon, Ryan melihat di rombongan pendaki itu lagi makan buah.

Saat melihat pendaki makan buah Ryan berucap "nyesel aku tadi tidak beli buah" ucapnya. Mendengar ucapan Ryan, kedua temannya meminta dia tidak memikirkan buah dan fokus pada jalur pendakian.Saat melihat pendaki makan buah Ryan berucap "nyesel aku tadi tidak beli buah" ucapnya. Mendengar ucapan Ryan, kedua temannya meminta dia tidak memikirkan buah dan fokus pada jalur pendakian.

BACA JUGA : Kisah Gumiho

Setelah cukup beristirahat dan salat magrib, mereka pun berjalan menuju dan pos 4 dan akhirnya jam 21.00 WIB mereka tiba di pos 5 yang biasa disebut bulak peperangan. Bulak peperangan ini merupakan area padang rumput yang luas.

Semula teman mereka bernama Adi hendak mendirikan mendirikan tenda. Namun permintaan itu ditolak oleh Ryan. Ryan menyarankan untuk bermalam di bulak peperangan. karena di lokasi itu, selain tempatnya luas, dan sangat jarang pendaki yang bermalam di lokasi bulak peperangan.

Akhirnya kedua teman Ryan sepakat terhadap pilihan Ryan. Namun sebelum beranjak mereka salat isya terlebih dahulu. Ryan lebih memilih minum kopi sambil menghisap rokok.

Usai sholat, keduanya kaget melihat Ryan tengah memegang buah salak. Kemudian mereka bertanya dari mana salak itu didapat.

Ryan menjawab kalau buah salak itu didapat dari rombongan yang mereka temui. Namun Adi dan Putra tidak percaya sama ucapan Ryan. Akhirnya perdebatan buah salak yang didapat Ryan tidak mereka teruskan. 

Ketigannya memilih untuk tetap kompak dan melanjutkan kembali perjalanan menuju Bupakan Menjangan. Setibannya di Bupakan menjangan, mereka pun segera mendirikan tenda.

Namun rupanya anggapan Ryan bila di bulak peperangan sangat jarang ada pendaki, rupanya keliru. Di lokasi itu ada empat tenda milik pendaki yang sudah terlebih dahulu berdiri. Setelah tenda selesai, mereka pun langsung memilih untuk beristirahat. Tepat jam 23.00 WIB, Ryan terbangun karena mendengar suara ribut di luar tenda.

BACA JUGA : Kolam Renang Angker Indonesia

Ryan menduga ada tim rescue yang tengah mengevakuasi pendaki melintas. Ryan berusaha membangunkan kedua temannya. Namun kedua rekannya itu tidak bangun. Karena penasaran, Ryan keluar tenda.

Saat keluar tenda, Ryan melihat ada api unggun dan orang lalu lalang. Setelah diperhatikan seperti pasar dengan berbagai macam dagangan. Dan di saat tengah memperhatikan orang berjualan, Ryan terkejut saat melihat nenek yang menawari dirinya buah di stasiun Solo Jebres ada di situ.

Dan saat melihat Ryan, nenek itu memberikan salak pada Ryan. Saat memberi salak, nenek itu berkata kembali seperti apa yang diucapkan di stasiun. Begitu salak diterima oleh Ryan, dan salak itu hendak dimakan, tiba-tiba api itu mati dan berganti menjadi obor yang sangat banyak. Dan saat itu juga, para pedagang menatap tajam ke arah Ryan.

Karena takut, Ryan pun membuang salak dan berjalan mundur ke dalam tenda. Saat hendak sampai di tenda, tiba-tiba wajah pedagang itu berubah menyeramkan. Ada yang lidahnya panjang, matanya melotot dan ada yang menenteng kepala.




Posting Komentar

0 Komentar