Pantangan Pantai Selatan

SUARITOTO Pantai Selatan  dikenal sebagai kawasan yang identik dengan keberadaan Nyi Roro Kidul . Sempat beredar mitos yang mengatakan kalau semua orang yang datang ke Pantai Selatan dilarang memakai baju hijau. Hal ini karena bisa membuat nyawa mereka melayang lantaran terseret ombak. Terlebih warna itu disukai oleh penguasa Laut Selatan itu.

Pantai selatan sendiri sangatlah luas, wilayahnya dimulai dari selatan Banten, Sukabumi, Yogyakarta, sampai ke ujung Banyuwangi di Jawa Timur. Konon, banyak masyarakat yang masih percaya kalau kerajaan atau keraton pantai selatan berada di kawasan laut Yogyakarta atau di dekat pantai Parangkusumo.

BACA JUGA : Misteri Sungai Bengawan Solo

Namun terkait mitos larangan berbaju hijau itu, anak indigo ternama Indonesia yakni Tigor Otadan  memiliki cerita lain. Menurutnya, hal ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan hal berbau mistis. Akan tetapi, karena air Pantai Selatan yang cenderung memiliki warna hijau. Sehingga membuat tim SAR kesulitan untuk mencari korban.

“Sekarang gini aja logikanya, pantai Selatan itu airnya warnanya hijau beda dengan pantai-pantai lainnya,” ungkap Tigor Otadan yang dikutip Paragram.id dari kanal YouTube Ngaji Roso pada Selasa, 19 April 2022.

“Ada lagi mitos tidak boleh menggunakan baju hijau, itu sebenarnya tidak ada hubungannya. Kenapa tidak boleh baju hijau, misal ada orang tenggelam, tim SAR itu kesulitan dalam pencarian karena airnya sama warna bajunya cenderung sama. Jadi enggak ada hal apapun,” sambungnya.

BACA JUGA : Tragedi Paiton

Walau demikian, Tigor Otadan mengungkapkan kalau istana Pantai Selatan memang didominasi warna hijau. Meski begitu, Tigor tidak bisa membongkar alasan terkait penggunaan warna tersebut. Namun dia menegaskan kalau Ratu Pantai Selatan justru tidak memakai baju hijau seperti banyaknya mitos yang beredar.

“Memang kalau kita masuk istananya pun, lantai ini kayak marmer, itu hijau semua. Bahkan kita bisa melihat gambar kita. Kayak kita berdiri di kaca,” ungkap Tigor. “Kalau saya ditanya kenapa dominannya warna hijau, itu rahasia Pantai Selatan yang tidak bisa dan tidak boleh diungkap. Cuman Bunda Ratu sendiri bajunya bukan hijau, tapi merah,” pungkas Tigor Otadan.




Posting Komentar

0 Komentar